Baur Sedalu Komunikasi Kembali Hadir Tahun Ini!

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga dalam acara Baur Sedalu Komunikasi 2018
Sumber: @commersua18 (Instagram)
Mengangkat tema “Video Game”, Baur Sedalu Komunikasi 2018 siap menyambut mahasiswa/i baru Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga angkatan 2018. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara ini selalu diwariskan dari satu angkatan ke angkatan di bawahnya. Dengan begitu, Baur Sedalu Komunikasi tahun ini dipercayakan kepada mahasiswa/i angkatan 2017 sebagai angkatan di bawah angkatan 2016 yang sudah menyambut mereka pada Baur Sedalu Komunikasi tahun lalu.

Sebagai bagian dari rangkaian acara orientasi mahasiswa/i baru, Baur Sedalu Komunikasi (BSK) selalu kental akan tradisi. Oleh karena itu, serangkaian acara yang dihadirkan cenderung mirip dari tahun ke tahun, mulai dari Pra-BSK 1 dan Pra-BSK 2, Jelajah HIMA 1 dan Jelajah HIMA 2, yang kemudian ditutup dengan Malam Keakraban Mahasiswa/i Ilmu Komunikasi sebagai puncak acara Baur Sedalu Komunikasi.

Pra-BSK 1 merupakan acara pertama Baur Sedalu Komunikasi yang mencoba memberikan penjelasan kilat pada mahasiswa/i baru tentang serangkaian acara BSK. Mahasiswa/i baru akan diberikan tugas individu dan angkatan yang akan dikumpulkan pada Pra-BSK 2. 

Jelajah HIMA merupakan acara pengenalan klub-klub Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga. Dari klub Commic (fotografi), AV (audio visual), COCO (desain), ROCS ?radio), PURE (public relations), KOMA (jurnalistik), Commpor (olahraga), dan SEO (event organizing), mahasiswa/i baru akan belajar tentang setiap klub ini untuk kemudian dipilih sebagai klub yang diminatinya sepanjang perkuliahan.

Setiap klub biasanya memberikan tugas on-the-spot dan take home untuk lebih memahami bidang-bidang setiap klub. Tugas-tugas ini juga ikut melengkapi tugas-tugas Pra-BSK. Tugas-tugas yang diberikan cenderung mirip atau sama seperti BSK tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, tugas individu tahun ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu berupa wawancara dan foto dengan kakak tingkat angkatan 2017 sebanyak 5 orang, angkatan 2016 sebanyak 3 orang, angkatan 2015 sebanyak 3 orang, dan sebisa mungkim dengan tambahan 1 orang angkatan 2014.

Topik wawancara dibebaskan untuk memberikan peserta BSK kesempatan untuk mengeksplorasi gaya menulisnya. Namun, untuk menghindari kesamaan tulisan, pewawancara yang menulis tentang kakak tingkat yang sama harus memiliki cerita yang berbeda. Selain itu, kakak tingkat yang diwawancarai juga diberikan kuota wawancara. Angkatan 2017 boleh diwawancarai maksimal 5 mahasiswa/i baru, dan angkatan 2015 serta 2016 boleh diwawancarai maksimal 3 mahasiswa/i baru.

Untuk tugas angkatan, angkatan 2017 diminta untuk memberikan kenang-kenangan untuk dosen, membuat buku angkatan, dan membuat kuda lumping. Tugas terakhir mungkin terdengar janggal di antara tugas-tugas orientasi mahasiswa/i baru lainnya. Namun, kuda lumping ini bukan dibuat tanpa alasan. Setelah peserta BSK mengumpulkan seluruh tugasnya pada batas tenggat waktu Pra-BSK 2, mereka akan diberikan penjelasan mengenai acara-acara selanjutnya, dan kuda lumping merupakan salah satu properti yang dibutuhkan agar Commrace dapat berjalan.

Commrace, beserta Commsiklopedia, merupakan dua mata acara Baur Sedalu Komunikasi yang baru saja ditambahkan tahun lalu. Kedua acara inilah yang membedakan BSK tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Commsiklopedia merupakan acara sharing-sharing dengan dosen serta alumni Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga. Commsiklopedia bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa/i Ilmu Komunikasi tentang perkuliahan serta dunia kerja melalui narasumber.

Commrace, sebaliknya, merupakan acara “main-main”. Pada dasarnya, Commrace yang meliputi permainan pipa bocor, Benteng Takeshi, pos bayangan, jaga lilin, dan Javanese Quidditch bermaksud untuk melepas penat mahasiswa/i baru di sela-sela perkuliahan setelah tugas-tugas BSK dan minggu-minggu awal perkuliahan. Selain itu, permainan-permainan yang membutuhkan kerja sama tim juga diharapkan dapat merekatkan solidaritas mahasiswa/i Ilmu Komunikasi.

Setelah melewati tugas-menugas hingga basah-basahan di Commrace, sampailah mahasiswa/i baru pada Malam Keakraban atau Makrab. Pada tahun-tahun sebelumnya, Makrab selalu diadakan di luar Surabaya untuk merekatkan rasa kekeluargaan antar arek Komunikasi. Namun sejak tahun 2016, Makrab sudah ditiadakan. Untuk mempertahankan tradisi, Makrab pun tetap diadakan di FISIP Unair dalam bentuk acara hiburan.

Sesuai dengan tema Baur Sedalu Komunikasi tahun ini - “Video Games” - para hadirin Makrab baik mahasiswa/i baru maupun kakak-kakak tingkat harus bermain dress up sebagai karakter video games favorit mereka. Makrab pun dihadiri berbagai karakter virtual dan nonfiktif yang menikmati acara yang berlangsung di taman belakang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Salah satu acara Makrab, di antaranya penampilan angkatan dari 2016 hingga 2018. Acara ini juga sebagai ajang pemilihan komting dan klub HIMA setiap mahasiswa/i baru Ilmu Komunikasi. 

Kembang api yang menutup makrab sekaligus menutup Baur Sedalu Komunikasi 2018 dan membuka lembaran baru bagi mahasiswa/i baru Ilmu Komunikasi. Kepada maba-maba 2018 yang sudah resmi menjadi bagian dari Commers Unair, selamat datang di keluarga Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga!

Comments

Popular posts from this blog

Dominasi 40 Persen Suara Pemilu 2019, Kandidat Pilpres Perlu Bekerja Keras Memikat Suara Kelompok Milenial

Menyoroti Eksklusifitas Semu Fasilitas FISIP UNAIR

Gempa-Tsunami Palu-Donggala: Korban Jiwa Capai 2.256 Orang, Total Kerugian & Kerusakan Hingga Rp 13,82 T